Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Appype Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI TITL SMK

Authors

  • Tilogi Ancer Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan
  • Uli Basa Sidabutar Dosen Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Mendarissan Aritonang Dosen Pendidikan Teknik Informasi, Universitas Methodis Indonesia, Sumatera Utara, Indoensia

Keywords:

Penelitian dan pengembangan, Media pembelajaran, Validasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning menggunakan appypie pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMK/MAK yang memenuhi standar kualifikasi yang baik ditinjau dari segi validitas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (R&D), dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini disusun sampai pada tahap develop (pengembangan). Tingkat kelayakan media pembelajaran diketahui dari hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media dan ahli materi didapatkan nilai sebesar 4,64 dan 4,28 dari skala angka yang telah ditentukan. Hasil yang telah diperoleh tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media berbasis mobile learning menggunakan appypie dalam kelayakan sangat baik. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran ini dapat digunakan karena telah diuji kelayakan oleh para ahli.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-12

How to Cite

Ancer, T., Sidabutar, U. B. ., & Aritonang, M. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Appype Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI TITL SMK. JPENTUS : Jurnal Pendidikan, Teknologi Dan Sains, 1(1), 22–30. Retrieved from http://journal.physan.id/index.php/jupentus/article/view/29